Pada tulisan lain, telah saya sebutkan, pembeli akan tertarik dengan sebuah barang, jika dia tahu manfaat nyata dari barang yang ditawarkan kepadanya. Untuk itu seorang penjual harus berusah menjelaskan.
Akan tetapi ada sebuah kesalahan penting yang sering dilakkan oleh seorang penjual, yaitu: Mereka menjelaskan manfaat barang terlalu rumit dan bertele-tele. Mereka pikir, dengan penerangan panjang kali lebar sama dengan luas persegi panjang, akan membuat pembeli terkagum-kagum kemudian tertarik untuk membeli. Sayang, anggapan itu keliru, karena sebaliknya, justru pembeli akan lebih tertaik dengan penjelasan singkat dan jelas. Semakin singkat dan jelas, semakin mudah diterima.
Doung Hall menulis: "Ucapan yang tidak bertele-tele akan keluar sebagai juara. Anda tak perlu permainan kata yang indah atau berbunga-bunga untuk mendapatkan pembeli. Hanya dengan memberitahu pembeli secara langsung, Anda akan mampu melejitkan kesuksesan Anda tiga kali lipatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar